Sentra Kerajinan Kulit Magetan Ramai Dikunjungi Wisatawan

0
118
Seorang perajin sedang mengerjakan sepatu dan tas dari kulit di sentra kerajinan kulit yang berada di Jalan Sawo Kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sentra tersebut ramai dikunjungi wisatawan pada liburan menjelang Lebaran tahun 2021.

Bangga Sidoarjo, Magetan – Sentra kerajinan kulit yang berada di Jalan Sawo Kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ramai dikunjungi wisatawan pada liburan menjelang Lebaran tahun 2021

Perajin kulit di Sentra Kulit Selosari, Wahyu mengatakan para pengunjung yang datang ke toko miliknya tidak hanya dari Magetan, namun beberapa wilayah lain luar kota seperti Madiun, Ponorogo, Ngawi, bahkan hingga Surabaya, dan sejumlah kota besar lainnya.

“Alhamdullilah mulai mengalami peningkatan. Semoga bisa terus berlanjut dan pandemi menghilang,” ujar Wahyu di Magetan, Sabtu.

Menurut dia, momentum hari raya keagamaan kali ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi kelesuan pemasaran selama setahun pandemi berlangsung.

Untuk meningkatkan penjualan, para perajin tetap menjual dengan harga terjangkau. Selain itu, para perajin juga menerima pesanan produk kulit sesuai permintaan konsumen.

“Dengan catatan tetap menjaga kualitas dan harga bersaing biar tidak mematikan perajin lain,” kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar Kabupaten Magetan Sucipto mengatakan peningkatan jumlah pengunjung bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan.

“Dinas telah mewanti-wanti para perajin tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Justru dengan penerapan prokes ini, pengunjung bisa merasa lebih aman,” kata Sucipto.

Ia menjelaskan momentum liburan keagamaan dan sekolah selalu menjadi masa puncak atau “peak season” penjualan produk kerajinan kulit. Yakni liburan sekolah, lebaran, natal, dan tahun baru.

Hal ini tentu menjadi kelegaan tersendiri bagi para perajin setelah selama tahun 2020 terjadi kelesuan berbagai sektor akibat pandemi, termasuk sektor pariwisata dan perdagangan.

Adapun yang laris diburu wisatawan utamanya barang kerajinan yang bisa digunakan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang.

“Seperti produk sepatu kulit, tas, jaket, dan pernik-pernik dari kulit,” kata dia. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here