SMK MANDIRI SIDOARJO ADAKAN MAGANG SEBAGAI BEKAL SISWA MASUKI DUNIA KERJA

Siswa SMK Mandiri bersama CEO PT. Duta Asia Nusantara dan Direktur Operasional PT. Duta Asia Nusantara

BANGGASIDOARJO | SIDOARJO – Pada era revolusi industri 4.0, angkatan kerja tidak hanya cukup dengan menempuh pendidikan formal melalui jenjang sekolah. Namun angkatan kerja dituntut untuk memiliki soft skill yang mendukung kemampuannya dalam memperkuat spesialisasi pekerjaannya. Karena persaingan kerja saat ini tidak hanya antar angkatan kerja dalam negeri, namun juga angkatan kerja dari luar negeri.

Pada kepemimpinannya periode lalu, Jokowi melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperkuat peran pendidikan kejuruan sebagai bentuk pelaksanaan agenda prioritas Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di tahun tersebut Kemendikbud membangun 341 gedung sekolah untuk meningkatkan kuantitas sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Selain itu, bersama pemerintah daerah, Kemendikbud akan menambah jumlah guru SMK yang masih berjumlah sekitar 270 ribu orang.

Dengan demikian, sangat terlihat bahwa SMK merupakan salah satu lembaga yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas angkatan kerja. Untuk dapat mengakselerasi program tersebut, salah satu Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Mandiri intens mengadakan program magang. Sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Masa Depan Cerah ini memiliki dua spesialisasi, yaitu Multimedia dan Teknik Pengelasan.

Program Magang siswa SMK Mandiri di PT. Duta Asia Nusantara

Sebagai bentuk support kepada para siswa di Jurusan Multimedia, SMK Mandiri bekerja sama dengan beberapa perusahaan di Sidoarjo dan sekitarnya, salah satunya yaitu PT. Duta Asia Nusantara. Perusahaan yang bergerak di bidang periklanan ini memberikan jasa berupa layanan produksi dan pasang media promosi dalam dan luar ruang seperti Bando jalan, Billboard, Neon box, Baliho, dan lain-lain. PT. Duta Asia Nusantara dipilih karena dianggap linier dengan jurusan siswa. Periode magang dilakukan mulai bulan November 2019 hingga bulan Februari 2020. SMK Mandiri mendelegasikan enam siswa jurusan Multimedia untuk magang di PT. Duta Asia Nusantara.

“Program magang terus terang sangat membantu kegiatan perusahaan. Karena kami juga sangat terbantu dengan adanya siswa magang. Selain itu, dengan menerima siswa magang kami berharap dapat membantu memberikan pengalaman kerja serta menyiapkan siswa pasca terjun ke dunia kerja. Kami juga memberikan apresiasi kepada siswa dengan predikat pemagang terbaik berupa sertifikat. Sertifikat tersebut nantinya dapat dilampirkan dalam portofolio atau Curiculum Vitae siswa untuk melamar pekerjaan”, ungkap Bilqis, S.H selaku Direktur Operasional PT. Duta Asia Nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here