MEMBER AKADEMI BISNIS DIGITAL INDONESIA (ABDI) BELAJAR DIGITAL MARKETING BERSAMA

Suasana proses pembelajaran bisnis digital ABDI

BANGGASIDOARJO | SIDOARJO – Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti e-book (buku elektronik). Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital.

Dengan bergesernya sistem bisnis saat ini, pengusaha dituntut untuk berkembang dan memahami digitalisasi ekonomi. Jika tidak demikian, maka pengusaha akan tenggelam diantara pesaing-pesaing bisnis lain. Banyak event yang diadakan baik oleh pemerintah maupun swasta untuk dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku bisnis akan digitalisasi ekonomi dan bisnis digital. Workshop, seminar, pelatihan, dan lain sebagainya. Salah satu pihak swasta yang turut mengakomodasi pengetahuan tentang bisnis digital adalah ABDI (Akademi Bisnis Digital Indonesia.

Akademi Bisnis Digital atau yang sering disebut dengan ABDi adalah sebuah komunitas positif, sekaligus platform pembelajaran bisnis digital yang didirikan pada tahun 2017 oleh Alvin Joner. Saat ini ABDI telah memiliki anggota sebanyak 50.000 dalam wilayah Indonesia dan Asia. Andriyani Widyastuti (45) selaku Mentor Strategis Analis ABDI menjelaskan, “ABDI merupakan platform bisnis digital, jadi ABDI memberikan pembelajaran bagaimana mencari uang lewat internet. Pembelajarannya berupa bagaimana kita beriklan, cara men-setting iklan. Baik untuk produk ABDI maupun produk pribadi dari masing-masing member”.

Andriyani Widyastuti (45) selaku Mentor Strategis Analis ABDI ketika diwawancarai jurnalis banggasidoarjo.com

Pada Sabtu (08/02/2020) ABDI mengadakan event belajar bersama tentang digital marketing yang diadakan oleh ABDI (Akademi Bisnis Digital Indonesia) di KEKOPI Coffee Shop and Co-Working Space. Materi yang disampaikan tentang bagaimana caranya beriklan baik melalui Instagram maupun Facebook menggunakan iklan berbayar. Tidak hanya caranya, tapi juga cara membuat iklan tersebut agar menarik. Peserta yang hadir adalah member ABDI. Andriyani Widyastuti “Jadi bisa dikatakan kita hanya pemantapan. Karena janji kita bahwa, seluruh member akan dibimbing sampai bisa praktek. Ini merupakan bentuk fasilitasi dari ABDI untuk member. Karena di luar sana, training IG ADS dan FB ADS bisa mencapai 5-10 juta rupiah”.

“Sekarang adalah era digital, kebiasaan masyarakatnya sudah berubah semua serba digital. Maka cari uangnya secara digital. Secara konvensional sudah mulai berubah dan beralih ke digital semua salah satunya banyak. Kita harus sadar bahwa dunianya sudah berubah”, Andriyani Widyastuti menyampaikan sembari menutup sesi wawancara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here