MANDIRI ENTERPRENEUR CENTER (MEC) UNDANG PENGUSAHA MUDA DALAM MOTIVATIONPRENEUR, HARAPKAN MAHASISWA TERMOTIVASI

M.A Burhanuddin, ST, MM ketika memberikan materi dalam acara Motivationpreneur

BANGGASIDOARJO | SIDOARJO – Mandiri Entrepreneur Center (MEC) mengadakan Motivationpreneur Event di aula untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha (3/01/202). Dikutip dari website resmi kampuskemandirian.org, Mandiri Entrepreneur Center (MEC) adalah Program pendidikan dan pelatihan siap kerja untuk anak-anak yatim lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat. Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus bagi adik-adik Yatim Purna Asuh guna mencetak tenaga ahli dibidangnya, berjiwa entrepreneurship yang memiliki karakter pribadi muslim yang jujur, amanah, dan profesional.

Salah satu bidang yang khusus menangani kewirausahaan adalah Bidang Pengkaryaan. Bidang Pengkaryaan merupakan bidang khusus yang bertanggungjawab menciptakan iklim wirausaha yang sehat di kalangan mahasiswa. Mahasiswa didorong untuk berkarya, berwirausaha, menghasilkan rupiah dengan kerja kerasnya sendiri. Hal ini diluar dengan pendidikan pelatihan yang diberikan sesuai dengan program studi mahasiswa masing-masing. Program studi yang tersedia bermacam-macam, diantaranya yaitu Prodi Akuntasi & Adm. Perkantoran, Teknisi Komputer dan Jaringan, Desain Grafis, Manajemen Zakat, Kuliner, Otomotif, Agroindustri.

Bapak Misdiantoro, S.Sos menjelaskan, “Ada tiga program besar di Bidang Pengkaryaan, yaitu Enterpreneur Camp yang diadakan pada waktu Masa Orientasi Peserta Didik Baru, Enterpreneur Session setiap Sabtu dan Minggu yang tadi bulanan ada rewardnya, kemudian Motivationpreneur yang baru saja kita adakan tadi. Terakhir ada Enterpreneur Challenge, kita ada tantangan anak-anak di lepas, sedekah bisnis lah. Bantu orang-orang tua misalkan yang masih di pasar, dibantu menjualkan. Tapi tanpa gaji”.

Bapak Mukhlis, ST (kiri), M.A Burhanuddin, ST, MM , Pak Misdiantoro, S.Sos (kanan) ketika melakukan diskusi pasca acara

Motivationpreneur merupakan program sharing dengan pebisnis secara langsung. Praktisi lah istilahnya. Harapannya mahasiswa lebih melek dunia bisnis, termotivasi dengan dunia bisnis, tidak takut jatuh atau gagal. Kita putuskan urat malunya dan kita bentuk mental pengusahanya. Selain itu terkait dengan Enterpreneur Challenge yang terbaru ini rencananya anak-anak kita lepas di masjid, dengan modal enterpreneurhip mereka bisa hidup”, tambah Bapak Muklis, ST.

Selain sebagai ajang menambah motivasi mahasiswa dan berbagi pengalaman, motivationpreneur juga berfungsi untuk memperluas koneksi MEC sebagai lembaga pendidikan. Sehingga para lulusan dapat lebih dikenal oleh pasar melalui motivationpreneur.

M.A Burhanuddin, ST, MM atau yang biasa dipanggil Kang Didin selaku pengisi materi merasa bahwa lembaga pendidikan perlu terus melakukan sharing session untuk dapat menciptakan dan memberikan motivasi bagi para peserta didik. Agar mental pengusaha terbentuk sejak di bangku pendidikan. Sehingga ketika lulus nanti, mereka tidak lagi mencari pekerjaan, tapi menciptakan lapangan pekerjaan. Kang Didin merupakan pebisnis muda di daerah Sidoarjo, dengan spesialisasi kuliner dan advertising. Bisnis kuliner beliau mencakup Kamil Resto, Kekopi dan Freshmilk. Bisnis Advertising meliputi Dego Creative, Duta Asia Advestising.

@Nia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here